Laksma TNI Harjo Susmoro (Waasops Panglima TNI) Melaksanakan Apel Gelar Pasukan dan Perlengkapan Pada Satgas Yonif 726/Tml

Puncak kunjungan kerja dalam rangka Satgas Ops Pamrahwan Maluku dan Maluku Utara Yonif 726/Tml Kodam VII/Wrb TA. 2016 berlangsung di Mako Yonif 726/TMl (11/11) oleh Markas Besar TNI yang dihadiri langsung oleh Laksma TNI Harjo Susmoro (Waasops Panglima TNI), Laksma TNI drg Andriani, Sp.Ort (Wakapuskes TNI) dan didampingi langsung oleh Brigjen TNI Supartodi (Kasdam VII/Wrb). Kunjungan kerja yang dihadiri oleh pejabat dari Mabes TNI juga mengikutkan Kolonel Inf Syafruddin, SE. (Paban IV/Ops Sops TNI), Letkol CHB Donald Tudungpungan (Dandenkomlek Strada), Kolonel Sus Dr. H.M Kemaisyah, M. Ag (Ses Pusbintal TNI), Letkol CBA Suparmanto (Padya Kapor Spaban II/Bekum Slog TNI, Letkol CBA Harvan, Kasubditaba Babek TNI. Selain dihadiri langsung oleh tim dari Mabes TNI juga dihadiri oleh Tim dari Markas Besar Angkatan Darat Kolonel Inf Haryanto yang menjabat sebagai Paban III/Siapsat Sopsad dan Letkol CBA Dedy Mukhtar serta para Asisten dan Kabalak Kodam VII/Wrb.

IMG_4716

Dalam kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Letkol Inf Yuswanto (Danyonif 726/Tml selaku Dansatgas Ops Pamrahwan Maluku dan Maluku Utara dan didampingi Kasrem 141/Tp sebagai orang nomor 2 di Korem 141/Tp. Penyambutan pun berlangsung hikmat oleh seluruh personel Satgas Ops Pamrahwan Maluku dan Maluku Utara sebanyak 500 orang dan dilantunkan menyanyikan lagu Mars TAMALATEA. Kunjungan kerja ini merupakan Puncak dari berbagai macam kunjungan yang sebelumnya dilaksanakan serta pelaksanaan apel gelar pasukan dan perlengkapan seperti Danrem 141/Tp, Kasdam VII/Wrb serta Tim dari Markas Besar Angkatan Darat.

Sebelum dilaksanakan apel gelar pasukan dan perlengkapan di lapangan Ibrahim Tulle Yonif 726/Tml Dansatgas Letkol Inf Yuswanto memaparkan kepada tim dari Mabes TNI di ruang rapat Yonif 726/Tml tentang kesiapan Satgas Ops Pamrahwan Maluku dan Maluku Utara Yonif 726/Tml  dengan menghadirkan para Komandan Pos yang berjumlah 35 orang sehingga para Danpos dapat memaparkan tentang situasi dan kondisi pos dalam pelaksanaan tugas nantinya yang rencana akan bertugas selama sembilan bulan di daerah Maluku dan Maluku Utara.

IMG_4834 IMG_4805 IMG_4770    IMG_4759

Laksma TNI Harjo Susmoro yg menjabat sebagai Waasops Panglima TNI dalam sesi apel gelar pasukan dan perlengkapan di lapangan Ibrahim Tulle Yonif 726/Tml menyempatkan diri bersama rombongan untuk melaksanakan pengecekan personel dan materiil yang digelar dalam tenda serta mengecek kepada personel Satgas di lapangan terutama kemampuan perorangan dan penguasaan wilayah Satgas yang akan dijambangi di Maluku dan Maluku Utara pada awal Bulan Desember tahun ini.

IMG_4867

Setelah apel gelar pasukan dan perlengkapan, rombongan menyempatkan diri untuk sholat Jum’at di Masjid Nurul Hidayah Yonif 726/Tml bersama seluruh anggota Yonif 726/Tml baik pasukan yang terlibat Satgas maupun Korum. Ba’dah sholat Jum’at, Waasops Panglima TNI didampingi Kasdam VII/Wrb beserta rombongan memberikan pengarahan kepada seluruh personel Satgas di Masjid Nuruh Hidayah. Ada beberapa point yang disampaikan:
1. Permohonan maaf dari Asops Panglima TNI yang sedianya hadir langsung dalam kunjungan kerja ini.
2. Wa Asops panglima TNI yakin Satgas ini sudah siap untuk diberangkatkan melaksanakan tugas operasi Pamrahwan di Maluku dan Maluku Utara
3. Penugasan di daerah Maluku sangat berbeda dengan operasi lainnya. Karena Medan dan situasi di Maluku sangatlah susah.
4. Hadirkan Tuhan dalam setiap melaksanakan tugas.
5. Ditekankan kepada para Danpos untuk memberikan penekanan kepada seluruh anggota posnya agar tidak menyentuh/minum sampai mabuk karena Miras. Berikan funisment yang berat terhadap prajurit yang berani menyentuh miras sebagai efek jera bagi prajurit lainnya.
6. Patuhi aturan yang berlaku baik aturan agama maupun aturan Militer
7. Berikan pemahaman kepada rakyat di Maluku untuk tidak ada konflik yang terjadi karena SARA apalagi sudah dalam hubungan kelompok serta jangan ajari rakyat dengan sikap dan perilaku yang emosi.
8. Hadapi setiap persoalan dengan Taqwa kepada Allah SWT
9. Wa Asops bangga dengan prajurit Yonif 726/Tml, tunjukkan itu.

Check Also

Kegiatan Kunjungan Kerja Dari Tim Wasev Sopsad Korum Satgas Yonmek TNI XXIII-N UNIFILl Libanon Di Mako Yonif 726/Tml.

pada hari Selasa tanggal 06 Oktober 2020 pukul 09.05 Wita telah tiba Kolonel Kav Drs. …

.